Senin, 13 Juni 2011

Hikmah diturunkan Alquran Secara Berangsur-Angsur

Alquran diturunkan secara berangsur-angsur dalam masa 22 tahun 2 bulan 22 hari atau 23 tahun, 13 tahun di Mekkah dan 10 tahun di Madinah. Hikmah alquran diturunkan secara berangsur-angsur itu ialah :

  1. agar lebih mudah dimengerti dan dilaksanakan. orang akan enggan melaksanakan suruhan, dan larangan sekiranya suruhan dan larangan itu diturunkan sekaligus banyak. hal ini disebutkan oleh Bukhari dari riwayat 'Aisyiyah ra.
  2. di antara ayat-ayat itu ada yang nasikh dan ada yang mansukh, sesuai dengan kemaslahatan. ini tdk dapat dilakukan sekiranya alquran diturunkan sekaligus
  3. turunnya suatu ayat sesuai dengan peristiwa-peristiwa yang terjadi akan lebih mengesankan dan lebih berpengaruh di hati
  4. memudahkan penghafalan. orang-orang musyrik yang telah menanyakan mengapa alquran tdk diturunkan sekaligus, sbagaimana tersebut dalam alquran surah Al-furqan (25) ayat 32 :
  5. diantara ayat-ayat ada yang merupakan jawaban daripada pernyataan / penolakan suatu pendapat atau perbuatan, seperti dikatakan Ibnu 'Abbas ra. hal ini tidak dapat terlaksana kalau alquran diturunkan sekaligus.
wallahu 'alam bisshawab

0 comments:

Posting Komentar